INDONESIANTUNES.com

Jumat, 03 Desember 2010

Andy /rif: Kesampingkan Urusan Pribadi

Image by Kwartetwo :
1000 Bands United rupanya membuat pentolan Andy /rif mengesampingkan urusan pribadinya. Hal tersebut terungkap saat 1000 Bands United.com menemuinya di Plenary Hall, Jakarta Convention Center beberapa waktu lalu.

Menurut Andy, waktu itu dia memang sudah jauh hari mempunyai rencana untuk pergi ke Australia. Karena itulah dia memberitahu kepada manajemen /rif tidak bisa ikut pada acara 1000 Bands United. "Waktu itu, /rif sempat rencananya tidak ikut di acara 1000 Bands United, karena memang ada jadwal ke Australia. Dan berangkatnya pada tanggal 17 Desember," terang Andy.

Lebih lanjut Andy menjelaskan, kalau awalnya /rif mendapat jadwal main pada tanggal 18 Desember sementara dia tidak tahu kalau ini acara amal. "Saya pikir ini acara pesta musik biasa saja. Begitu saya tahu acara ini untuk amal, akhirnya saya merelakan keberangkatan saya dimundurkan satu hari. Tapi, saya minta main di tanggal 17 Desember. Dengan kesepakatan bersama, akhirnya /rif jadi tampil di 1000 Bands United dan saya berangkat tanggal 18 Desember ke Australia," terangnya.

Vokalis bersuara khas yang memiliki nama asli Restu Triandy ini menyatakan, kalau /rif diajak charity event apapun, selama waktunya tidak bentrok, tidak pernah menolak. Apalagi 1000 Bands United, menurut Andy, merupakan acara charity terbesar di Indonesia.

"Partisipasi dari 1000 band di Indonesia untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena bencana ini adalah momen yang tepat band dari berbagai genre musik dan generasi berkumpul bersama memperhatikan saudara kita yang sedang terkena musibah. Mudah-mudahan ini bukan untuk saat ini saja. Karena bencana kan tidak hanya saat ini saja. Tidak hari ini, kemarin, mungkin besok juga ada setahun lagi atau 2 tahun lagi, tidak ada yang tahu. Hanya Tuhan yang tahu. Jadi perhatian kita terhadap saudara-saudara kita yang terkena bencana harus ada terus dan ini adalah momen terbesar. Kita bisa membantu di situ, kita bahagia sekali," jelasnya.

Namun, dari awal dia mendengar akan adanya acara yang menampilkan 1000 band, Andy sempat kaget. Dia merasa ini ide gila, karena dalam tiga hari tiga malam ada seribu band bisa hadir dalam satu pesta musik dan itu pertama kali di Indonesia.

"Ini acara gila, maksudnya gila itu salut. Karena produksinya harus kerja keras luar biasa. /rif bisa ada di line up 1000 Bands itu, merasa senang sekali dan harus tampil. Saya sendiri tidak menyadari kalau band di Indonesia sudah ada seribu. Bahkan sampai saat ini saya masih bertanya-tanya, memang ada di Indonesia seribu band. Rupanya di Indonesia band banyak banget," ujarnya.

Bahkan menurut Andy, /rif sudah siap menghadapi kendala-kendala teknis yang biasa terjadi saat event-event besar. "Jangankan 1000 band, puluhan band aja, check sound tidak ada. Kita sudah percaya dengan kru-kru kita yang sudah belasan tahun bersama kita. Jadi percaya sajalah sama mereka. Satu lagi percaya sama Tuhan," ungkapnya.

Lebih dari itu, justru Andy mengkhawatirkan kejadian-kejadian yang di luar teknis. "Mudah-mudahan lancar, karena ini kan niatnya baik. Seperti tidak ada hujan, tidak ada keributan, juga tidak ada bentrokan apapun. Karena landasannya, pertunjukkan ini murni untuk beramal, jadi semuanya semoga akan lancar," harapnya.

Untuk persiapan sendiri, Andy mengaku /rif akan membawakan hits-hits album terdahulu dan juga akan membawakan lagu dari album terbaru mereka. "Kebetulan kita baru rilis album baru (album 7-red), tiga bulan yang lalu. Mungkin kita akan mengombinasikan song list kita antara hits-hits kita yang lama dan sekalian mempromosikan lagu-lagu baru kita," ungkapnya.

Sedangkan untuk masalah konsep, Andy mengaku /rif tidak pernah mengonsep untuk tampil dalam sebuah acara. “Biasanya kita akan melakukannya secara spontanitas di atas panggung karena /rif tidak pernah mengonsep pertunjukkan seperti ini, seperti itu. Kita akan melihat situasi dan kondisi para penonton. Sebenarnya aksi kita justru datang dari aksi penonton," katanya.

Di akhir wawancara, Andy berharap acara ini bisa berkembang kedepannya. "Mudah-mudahan ini tidak hanya menjadi ajang sebuah pesta musik di Indonesia. Kedepannya dibikin konser-konser tentang pelestarian lingkungan, misalnya Green Concert. /rif pernah waktu konser di Pekanbaru membawa pesan green (pelestarian lingkungan-red). Saya menyuruh penonton membersihkan sampah yang ada di lokasi dan dilemparkan ke atas panggung. Kita di atas panggung dilempari penonton dengan sampah. Dan tim kita langsung membersihkan sampah yang ada di atas panggung tersebut. Jadi itu salah satu trik kami," ujarnya.

0 komentar:

  © Kwartetwo.com Didirikan Oleh Alan Maulana 2010

Kembali Ke ATAS  

IP